Beberapa Jembatan Ternama
nBridge
of Sighs, Venice, Itali
nGolden
Gate Bridge, San Francisco, California, AS
nJembatan Golden Gate adalah sebuah jembatan
gantung di sepanjang Golden Gate,
menara
adalah
1.280 m, dan
ketinggiannya adalah 230 m di atas permukaan air.
nSydney
Harbour
Bridge, Sydney, Australia
nTower
Bridge, London, England, UK
nTsing Ma
Bridge, Hong Kong, China
nJembatan
Ampera
(Sumatra Selatan)
nPanjang : 1.117 m (bagian tengah 71,90 m)
nLebar : 22 m
nTinggi : 11.5 m dari permukaan air
nTinggi Menara : 63 m dari permukaan tanah
nJarak antara menara : 75 m
Sejarah
nPembangunan jembatan ini dimulai pada bulan April 1962, Biaya
menggunakan tenaga ahli dari negara tersebut.
nPada awalnya, jembatan ini, dinamai Jembatan Bung Karno. Peresmian pemakai
an jembatan dilakukan pada tahun 1965, sekaligus mengukuhkan nama Bung
Karno sebagai nama jembatan. Setelah terjadi pergolakan politik pada tahun
1966, ketika gerakan anti Soekarno, nama jembatan itu pun diubah menjadi
Jembatan Ampera (Amanat Penderitaan Rakyat).
Keistimewaan
nPada awalnya, bagian tengah badan jembatan ini bisa diangkat ke atas agar
tiang kapal yang lewat dibawahnya tidak tersangkut badan jembatan. Bagian
tengah jembatan dapat diangkat dengan peralatan mekanis, dua bandul
pemberat masing-masing sekitar 500 ton di dua menaranya.
Kecepatan pengangkatannya sekitar 10 meter per menit dengan total waktu
yang diperlukan untuk mengangkat penuh jembatan selama 30 menit.
nPada saat bagian tengah jembatan diangkat, kapal dengan ukuran lebar 60
meter dan dengan tinggi maksimum 44,50 meter, bisa lewat mengarungi
Sungai Musi. Bila bagian tengah jembatan ini tidak diangkat, tinggi kapal
maksimum yang bisa lewat di bawah Jembatan Ampera hanya sembilan meter
dari permukaan air sungai
nSejak tahun 1970, aktivitas turun naik bagian tengah jembatan ini sudah tidak
dilakukan lagi. Alasannya, waktu yang digunakan untuk mengangkat jembatan ini
dianggap mengganggu arus lalu lintas di atasnya.
nPada tahun 1990, kedua bandul pemberat di menara jembatan ini diturunkan
untuk menghindari jatuhnya kedua beban pemberat ini.
nJembatan
Barito (Banjarmasin, Kalimantan Selatan)
nJembatan Rantau Berangin
(Riau)
nJembatan
Merah (Surabaya, Jawa Timur)
nJembatan Siti Nurbaya
(Padang, Sumatra Barat)
nJembatan
Suramadu
(Jawa
Timur)
nPembuatan
jembatan ini dilakukan dari tiga sisi, sisi Madura, sisi Surabaya. Sementara
secara bersamaan juga dilakukan pembangunan bentang tengah yang terdiri dari
main
bridge dan apporach bridge.
nJembatan
Barelang
(Batam,
Kepulauan
Riau)
nJembatan Barelang adalah nama jembatan yang menghubungkan tiga pulau yaitu Batam-
Rempang-Galang. pembangunan jembatan itu untuk menfasilitasi ketiga pulau tersebut
yang dirancang untuk dikembangkan menjadi wilayah industri di Kepulauan Riau. Ketiga
pulau itu sekarang termasuk Provinsi Kepulauan Riau, Kepri,
0 comments:
Post a Comment