Wednesday, 21 March 2018

BAB III LANDASAN TEORI


BAB III
LANDASAN TEORI

A.     Satuan mobil penumpang
Lalu lintas terdiri dari berbagai komposisi kendaraan, sehingga volume lalu lintas manjadi lebih praktis jika dinyatakan dalam jenis kendaraan standar. Standar tersebut yaitu mobil penumpang sehingga dikenal dengan satuan mobil penumpang (smp). Untuk mendapatkan volume lalu lintas dalam satuan smp, maka diperlukan factor konversi dari berbagai macam kendaraan menjadi mobil penumpang. Faktor konversi tersebut dikenal dengan ekuivalen mobil penumpang (emp). Dalam Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 mengklasifikasikan kendaraan menjadi 3 (tiga) golongan adalah :
Jenis kendaraan
emp untuk tipe pendekat
Terlindung
Terlawan
Kendaraan ringan (LV)
Kendaraan berat (HV)
Sepeda motor (MC)
1,0
1,0
1,3
1,3
0,2
0,4
Tabel 3.1 Penggolongan jenis kendaraan dan nilai emp untuk persimpangan bersinyal
 
 


0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *