BAB III
LANDASAN TEORI
A.
Satuan mobil
penumpang
Lalu lintas terdiri
dari berbagai komposisi kendaraan, sehingga volume lalu lintas manjadi lebih
praktis jika dinyatakan dalam jenis kendaraan standar. Standar tersebut yaitu
mobil penumpang sehingga dikenal dengan satuan mobil penumpang (smp). Untuk
mendapatkan volume lalu lintas dalam satuan smp, maka diperlukan factor
konversi dari berbagai macam kendaraan menjadi mobil penumpang. Faktor konversi
tersebut dikenal dengan ekuivalen mobil penumpang (emp). Dalam Manual Kapasitas
Jalan Indonesia (MKJI) 1997 mengklasifikasikan kendaraan menjadi 3 (tiga)
golongan adalah :
Jenis
kendaraan
|
emp
untuk tipe pendekat
|
|
Terlindung
|
Terlawan
|
|
Kendaraan
ringan (LV)
Kendaraan
berat (HV)
Sepeda
motor (MC)
|
1,0
|
1,0
|
1,3
|
1,3
|
|
0,2
|
0,4
|
|
0 comments:
Post a Comment