Saturday 24 March 2018

RKS TEKNIS PEKERJAAN PENGGANTUNG, HANDLE, KUNCI


PEKERJAAN PENGGANTUNG, HANDLE, KUNCI

1.1.                PEKERJAAN  ALAT PENGGANTUNG

1.1.1        Lingkup Pekerjaan

1.    Pekerjaan ini meliputi penyediakan tenaga kerja, bahan-bahan, untuk perlengkapan daun pintu dan jendela dan alat-alat bantu lainnya untuk melaksanakan pekerjaan sehingga dapat tercapai hasil pekerjaan yang baik dan sempurna.
2.    Pemasangan alat penggantung dan pengunci dilakukan meliputi seluruh pemasangan pada daun pintu dan jendela.

1.1.2        Persyaratan Bahan-bahan

1.    Semua “hardware” yang digunakan harus sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Tabel Spesifikasi Material. Bila terjadi perubahan atau penggantian “hardware” akibat dari pemilihan merek, Kontraktor wajib melaporkan hal tersebut kepada Pengawas untuk mendapatkan persetujuan.
2.    Semua anak kunci harus dilengkapi dengan tanda pengenal dari pelat aluminium berukuran 3 x 6 cm dengan tebal 1 mm. Tanda pengenal ini dihubungkan dengan cincin nikel kesetiap anak kunci.
3.    Untuk keseragamanan semua “hardware” dalam pekerjaan ini harus dari satu produk misalnya, untuk engsel, kunci atau sejenisnya dan memiliki surat garansi minium 5 tahun dari main distirbusinya.
Contoh-contoh
a.    Sebelum pemasangan, Kontraktor harus menyerahkan contoh-contoh untuk mendapatkan persetujuan Pengawas.
b.    Contoh-contoh yang telah disetujui akan dicapai sebagai standar/pedoman bagi Pengawas untuk menerima/memeriksa bahan-bahan yang dikirim oleh Kontraktor ke lapangan.
c.    Perlengkapan Pintu (Swing)
Engsel Kupu-kupu (butt hinge) digunakan untuk semua pintu selain pintu frameless. Engsel dilengkapi dengan nylon ring dari bahan stainless steel merk Dekkson  atau sesuai gambar, ukuran 4” x 4”.
Engsel Friksi (Friction Casement Stay) digunakan untuk semua daun jendela hidup dan bouvenlicth. Casement Stay menggunakan merk DEKKSON atau sesuai gambar. Ukuran disesuaikan dengan gambar detail.

1.1.3        Syarat Pelaksanaan

1.1.3.1         Umum

Kontraktor harus memperhatikan serta menjaga pekerjaan yang berhubungan dengan pekerjaan ini. Bila ada kesalahan pemasangan karena kelalaiannya, maka kontraktor tersebut harus mengganti tanpa biaya tambahan.

1.1.3.2         Teknis

1.    Mekanisme kerja harus sesuai dengan gambar
2.    Engsel dipasang sekurang-kurangnya 3 buah untuk setiap daun pintu, menggunakan sekrup kembang dengan warna yang sama dengan warna engsel.
3.    Engsel atas dipasang tidak lebih dari 28 cm (as) dari sisi atas pintu ke bawah. Engsel tengah dipasang tidak lebih dari 60 cm (as) dari engsel atas ke bawah. Engsel bawah dipasang tidak lebih dari 32 cm (as) dari permukaan lantai ke atas.
4.    Penarik pintu (Door Pull) dipasang 100 cm (as) dari permukaan lantai setempat.
5.    Posisi “lock dan Latch” harus ditentukan dan diajukan kontraktor untuk disetujui Pengawas.
6.    Kontraktor harus memperhatikan serta menjaga pekerjaan yang berhubungan dengan pekerjaan lain. Jika terjadi kerusakan akibat kelalaiannya, maka Kontraktor tersebut harus mengganti tanpa biaya tambahan.

1.2.              PEKERJAAN  HANDLE , KUNCI DAN AKSESORISNYA

1.2.1        Lingkup Pekerjaan

Pekerjaan ini meliputi penyediakan tenaga kerja, bahan-bahan, untuk perlengkapan handle daun pintu dan jendela, kunci, aksesoris dan alat-alat bantu lainnya untuk melaksanakan pekerjaan sehingga dapat tercapai hasil pekerjaan yang baik dan sempurna.

1.2.2        Persyaratan Bahan-bahan

1.2.2.1         Pintu

1.    Handle dan Back Plate yang digunakan dari bahan stainless steel merk DEKKSON atau sesuai gambar. Tipe handle yang digunakan adalah tipe Lever Handle, Pull Handle dan Pull Ring.
2.    Kunci-kunci yang digunakan dari bahan stainless steel merk DEKKSON atau sesuai gambar. Tipe kunci yang digunakan adalah tipe Cylinder dan Double Cylinder. Seluruh kunci yang digunakan harus mempunyai Master Key.
3.    Lockcase yang digunakan dari bahan stainless steel merk DEKKSON atau sesuai gambar.
4.    Kunci tanam (Flush Bolt) yang digunakan dari bahan stainless steel merk DEKKSON atau sesuai gambar. Kunci tanam ini digunakan untuk pintu double daun.
5.    Door Closer yang digunakan dari bahan stainless steel merk DEKKSON atau sesuai gambar. Tipe yang digunakan adalah tipe Hold Open Arm dan Normal Open Arm.
6.    Perincian penggunaan masing-masing tipe handle, kunci dan akesoris di atas sesuai dengan gambar detail.

1.2.2.2         Jendela

1.    Rambuncis yang digunakan dari bahan stainless steel merk DEKKSON atau sesuai gambar dengan warna yang sama dengan rangka daun jendela.
2.    Untuk daun jendela geser (sliding), rambuncis yang digunakan harus sesuai dengan peruntukannya.

1.2.2.3         Contoh

Kontraktor wajib mengajukan contoh bahan untuk mendapatkan persetujuan-persetujuan Konsultan Pengawas.

1.2.3        Persyaratan  Pelaksanaan

1.    Kontraktor harus memperhatikan serta menjaga pekerjaan yang berhubungan dengan pekerjaan ini. Bila terjadi kerusakan karena kelalaiannya, maka kontraktor tersebut harus mengganti tanpa biaya tambahan.
2.    Handle pintu dipasang 100 cm (as) dari permukaan lantai.
3.    Pemasangan lockcase, handle dan backplate serta door closer harus rapi, lurus dan sesuai dengan letak posisi yang telah ditentukan oleh Pengawas. Apabila hal tersebut tidak tercapai, Kontraktor wajib memperbaiki tanpa tambahan biaya.
4.    Seluruh perangkat kunci harus bekerja dengan baik, untuk itu harus dilakukan pengujian secara kasar dan halus.
5.    Tanda pengenal anak kunci harus dipasang sesuai dengan pintunya.
6.    Kontraktor wajib membuat shop drawing (gambar detail pelaksanaan) berdasarkan Gambar Dokumen Kontrak yang telah disesuaikan dengan keadaan di lapangan. Di dalam shop drawing harus jelas dicantumkan semua data yang diperlukan termasuk keterangan produk, cara pemasangan atau detail-detail khusus yang belum tercakup secara lengkap di dalam Gambar Dokumen Kontrak, harus sesuai dengan Standar Spesifikasi Pabrik.
7.    Shop Drawing sebelum dilaksanakan harus disetujui dahulu oleh Pengawas.

1.2.4        Pengujian Mutu Pekerjaan

1.    Seluruh mekanisme perangkat pengunci ini harus bekerja dengan baik.
2.    Dicoba dengan penguncian secara kasar dan halus.
3.    Pemasangan backplate dan lockcase harus rata (tenggelam) di dalam panel pintu. Semua Handle dan kunci harus mendapat surat garansi dari DEKKSON.


0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *