Saturday 24 March 2018

RKS TEKNIS Pekerjaan GENSET


Spesifikasi Teknis Pekerjaan GENSET

1.1.                Umum

4.1.1.               Lingkup pekerjaan ini akan meliputi pengadaan, pemasangan, pengujian, garansi, sertifikasi, service, pemeliharaan, penyediaan gambar terinstalasi (As-built Drawing), petunjuk operasi dan pemeliharaan serta latihan petugas instalasi ini dari pihak Pemilik bangunan.

4.1.2.               Kontraktor harus bertanggung jawab untuk mengenali dengan baik semua persyaratan yang diminta didalam spesifikasi ini, termasuk gambar-gambar, perincian penawaran (Bills of Quantity), standard dan peraturan yang terkait, petunjuk dari pabrik pembuat, peraturan setempat dan perintah dari Konsultan Manajemen Konstruksi selama masa pelaksanaan pekerjaan.

4.1.3.               Klaim yang terjadi atas pengabaian hal-hal di atas tidak akan diterima. Bila ternyata terdapat perbedaan antara spesifikasi peralatan dan material yang dipasang dengan spesifikasi yang dipersyaratkan, merupakan kewajiban kontraktor untuk penggantinya tanpa ada penggantian biaya.

1.2.                Sistem Kerja Genset

4.2.1.               1 (satu) Unit Diesel Generating Set Silent Type kapasitas minimal 80 kVA Prime Power yang ditempatkan pada lantai semi basement sebagai sumber daya cadangan bila PLN padam.

4.2.2.               Bila PLN padam, maka Genset akan start secara otomatis (Auto Start) dalam waktu 10 – 15 detik (adjustable).

4.2.3.               Ketika PLN sudah hidup kembali, maka Genset masih akan terus melayani beban untuk waktu tidak kurang dari 15 menit, setelah itu baru terjadi pemindahan beban kembali ke PLN dan Genset akan mati setelah melalui waktu pendinginan/cooling down time sekitar 300 detik (adjustable), dengan pertimbangan agar rectifier perangkat tidak mengalami perubahan catu daya dalam waktu pendek.

1.3.                Lingkup Pekerjaan

1.3.1.              Lingkup Pekerjaan Utama

4.3.1.1.           Pengadaan, pemasangan dan pengujian 1 (satu) Unit Diesel Generating Set Silent Type kapasitas minimal 80 kVA Prime Power lengkap dengan panek kontrol genset (PKG).

4.3.1.2.           Pengadaan, Pemasangan dan Pengujian Perlengkapan Diesel Genset seperti Silencer, Pipa gas buang, Flexible pipe, Flange, Isolasi pipa (jacketing), Cerobong udara buang dari radiator, Sound attenuator pada bagian intake dan exhaust radiator, Battery dan Battery charger untuk starting dan lain-lain yang harus disediakan untuk berfungsinya System Genset seperti maksud tersebut di atas.

4.3.1.3.           Pengadaan dan Pemasangan kabel feeder dari Genset ke PDTR lengkap dengan kabel ladder/tray termasuk terminasi.

4.3.1.4.           Pekerjaan sipil (bobokan dan perapihan kembali  dll).

1.3.2.              Lingkup Pekerjaan Instalasi Operasi Sistem Genset

4.3.2.1.           Pengadaan, pemasangan dan pengujian kabel daya dan kontrol dari unit Genset ke PDTR.

4.3.2.2.           Pengadaan, pemasangan dan pengujian sistem pentanahan unit Genset.

4.3.2.3.           Pengadaan, pemasangan dan pengujian sistem peredam suara berikut sound attenuator di ruang Genset (Kontraktor Genset bertanggung jawab penuh atas keberhasilan peredam ini sehingga memenuhi level yang diijinkan dan diterima Pemilik).

4.3.2.4.           Pengadaan, pemasangan dan pengujian peredam getaran (vibration mounting) unit Genset sesuai dengan rekomendasi pabrik pembuat Genset dan vibration tersebut

4.3.2.5.           Melakukan testing dan commissioning instalasi tersebut.

4.3.2.6.           Mengadakan pelatihan operator.

4.3.2.7.           Membuat As-built Drawing.

4.3.2.8.           Membuat buku petunjuk operasi dan pemeliharaan serta trouble shooting.

4.3.2.9.           Menyerahkan Tools Kit.

1.3.3.              Lingkup Pekerjaan Terminasi

4.3.3.1.           Menyediakan kontrol terminal untuk sensor PLN ke PKG.

4.3.3.2.           Melaksanakan terminasi kabel feeder dari Genset ke PKG.

4.3.3.3.           Koordinasi dengan Kontraktor lain maupun Instalasi terkait untuk menjamin bahwa instalasi tersebut sudah lengkap, benar dan memenuhi persyaratan.

1.3.4.              Lingkup Pekerjaan Yang Terkait

4.3.4.1.           Handling Genset di atas pondasi

4.3.4.2.           Setting dan aligment kedudukan Genset, termasuk anchor.

4.3.4.3.           Setting dan aligment peredam getaran (Anti Vibration Mounting).

4.3.4.4.           Pekerjaan sipil dan finishing yang diperlukan dan perapihan kembali yang diakibatkan oleh instalasi ini.

4.3.4.5.           Mengurus perijinan ke Instansi Depnaker dan Ditjen Pertambangan & Energi sehubungan dengan pekerjaan ini (biaya perijinan dan pengurusannya termasuk lingkup Kontraktor).

1.3.5.              Lingkup Pekerjaan Pemilik

Menyediakan surat yang diperlukan untuk perijinan ke Instansi terkait (bila dipersyaratkan).

1.4.                Diesel Generator

1.4.1.              Umum

4.4.1.1.           Mesin Diesel Generator yang digunakan harus mampu menghasilkan suatu daya listrik dengan kapasitas tidak kurang seperti yang ditunjukkan dalam Gambar Rencana untuk tipe pemakaian secara terus-menerus pada kondisi kerja setempat, dimana temperatur keliling tidak melebihi 45°C dan rata-rata temperature keliling adalah 40°C, sesuai standard DIN 6270 A.

4.4.1.2.           Mesin Diesel Generator harus dilengkapi dengan suatu dudukan yang terbuat dari bahan baja, dimana antara mesin dengan dudukan dan antar dudukan dengan pondasi mesin yang akan disediakan oleh Kontraktor, harus disediakan bahan peredam getaran tipe gabungan pegas dan karet peredam getaran.

4.4.1.3.           Kontraktor harus menghitung kembali system peredam suara, ventilasi ruangan, saluran udara buang dan saluran asap sehubungan dengan spesifikasi mesin Diesel Generator set yang diusulkan.

4.4.1.4.           Kontraktor harus menghitung kembali system saluran udara buang dan saluran asap sehingga tidak akan mengurangi kapasitas mesin untuk membangkitkan daya sesuai yang diminta.

4.4.1.5.           Perhitungan system peredam suara, ventilasi ruangan, saluran udara buang dan saluran asap harus dilampirkan pada surat penawaran, serta harus dilengkapi dengan brosur/manual asli dari pabrik sebagai dasar perhitungan.

4.4.1.6.           Mesin Diesel Generator yang digunakan harus merupakan peralatan yang selalu siap digunakan pada setiap saat, untuk itu mesin ini harus mempunyai perlengkapan berupa pompa sirkulasi minyak pelumas otomatis dan manual, peredam suara pada saluran gas buang (max 65 dB ± 5 dB), alat pengisi muatan battery dengan catu daya yang berasal dari Generator dan yang berasal dari PLN.

4.4.1.7.           Mesin Diesel harus dilengkapi dengan peralatan yang dapat mengatur putaran mesin secara otomatis sehingga mesin akan selalu bekerja pada putaran nominalnya pada kondisi beban antara beban nol dan beban penuh dengan toleransi tidak lebih dari 2 %.

4.4.1.8.           Mesin Diesel harus dilengkapi dengan filter bahan bakar dan filter udara pembakaran.

4.4.1.9.           Mesin Diesel harus dilengkapi dengan alat pengaman guna menghentikan operasi mesin dan atau memberikan indikasi adanya gangguan untuk setiap gangguan sebagai berikut :
·          Putaran kerja melebihi 110 % putaran nominal.
·          Tekanan kerja minyak pelumas lebih kecil dari nilai nominalnya (tidak kurang dari 3 kg/cm²)
·          Temperatur kerja air pendingin melebihi nilai nominalnya (tidak kurang dari 75°C).
·          Dan lain-lain pengaman yang dinilai perlu dan sesuai dengan rekomendasi pabrik

4.4.1.10.         Generator yang digunakan harus mampu membangkitkan tegangan tanpa bantuan sumber daya lain, dimana rangkaian medan magnitnya mendapatkan catu daya dari terminal Generator melalui suatu rangkaian elektronik dengan tidak mempergunakan sikat komutator.

4.4.1.11.         Rangkaian elektronik yang dimaksud dalam butir di atas harus mampu mengatur tegangan Generator secara terus-menerus pada tegangan nominal sebesar 220/380 Volt dengan toleransi tidak lebih dari 1,5%.

4.4.1.12.         Generator yang digunakan harus mampu menghasilkan daya listrik sesuai dengan kondisi terpasang yang ditunjukkan didalam Gambar Rencana secara terus-menerus pada putaran nominal mesin Diesel dan pada tegangan nominal.

4.4.1.13.         Generator yang digunakan harus dibuat untuk pemakaian dalam ruangan dengan kelas pengamanan tidak kurang dari IP 23 dan dapat menahan kelebihan beban 10 % selama 1 jam dalam selang waktu 12 jam.

4.4.1.14.         Hubungan kumparan stator Generator hendaknya hubungan bintang dimana reaktansi hubung singkatnya tidak lebih 15%.

4.4.1.15.         Mesin Diesel Generator secara keseluruhan harus mampu dioperasikan dari Panel Kontrol Generator.

4.4.1.16.         Kontraktor wajib menyediakan titik pentanahan bagi mesin Diesel Generator, titik netral Generator, PKG dan semua bagian logam di dalam Ruang Diesel, termasuk rak dan tangga kabel dan pintu-pintu ruangan yang terbuat dari logam sesuai dengan ketentuan ini.

1.4.2.              Instalasi

4.4.2.1.           Diesel Genset harus didudukan di atas pondasi dengan mempergunakan spring atau rubber mounting yang direkomendasikan oleh pabik pembuat.

4.4.2.2.           Spring anti vibration mounting harus mempunyai effisiensi tidak kurang dari 95%.

4.4.2.3.           Posisi Diesel Genset harus lurus baik secara vertical maupun horizontal.

4.4.2.4.           Anchor dari Diesel Genset harus benar-benar tepat pada lubang pondasi yang telah ditetapkan dan dicek dengan baik dan kuat.

4.4.2.5.           Pipa exhaust dan Silencer harus diisolasi dengan Rockwool 2” density 60 kg/m³ dan dibungkus dengan galvanized sheet di sepanjang pipa (jacketing).

4.4.2.6.           Sambungan pipa ke mesin harus mempergunakan flexible joint.

1.4.3.              Pengujian

4.4.3.1.           Test pabrik pembuat harus dilakukan menurut standard pabrik dan minimal meliputi testing :
·              Insulation level
·              Squence
·              Protection device
·              Operation
·              Full load running (Load Bank/Building Load)
·              Temperature rise
·              Governour control
·              Sound pressure level

4.4.3.2.           Test lapangan harus dilakukan minimal meliputi :
·           Squence
·           Protection device
·           Operation
·           Sound pressure level
·               Load running (Load Bank/Building Load) :
-      0% selama 15 menit tanpa interupsi.
-      25% selama 1 jam tanpa interupsi
-      50% selama 1 jam tanpa interupsi dan rejection & sudden load test
-      75% selama 2 jam tanpa interupsi
-      100% selama 1 jam tanpa interupsi
-      110% selama 1 jam tanpa interupsi
-      100% selama 3 jam tanpa interupsi dan rejection & sudden load test
·           Setelah lulus uji dengan load bank, akan dilakukan uji beban nyata selama 2 hari (2 x 24 jam).

1.5.                Ketentuan Teknis Bahan dan peralatan

1.5.1.              Diesel Generator Set

1.5.1.1.        Diesel Engine

·             Type                               :    Silent
·             Kapasitas Prime                :    80 kVA Prime Power 
·             Cooling system                 :    Radiator 
·             Putaran                           :    1500 RPM
·             Overspreed                      :    2100 ±50 RPM
·             Aspiration                        :    Turbocharger and after-cooled
·             Type Engine                     :    4 cycle, water cooled, turbo charged with after cooler
·             Governor                         :    Electronic
·             Compression Ratio             :    14 : 1
·             Country of Origin              :    Complete Built up, by Manufacture Warranty

·            Measuring Device            
-         Oil Pressure Gauge
-         Oil Temperatur Gauge
-         Water Temperatur Gauge
-         Charging Ammeter
-         Tachometer
-         Fuel Oil Pressure Gauge
-         Thermometer untuk discharge gas di turbo charger

·            Safety Device       
-      Low Oil Pressure
-      High Water Temperatur
-       Over Speed
-       Lampu Indikator dan horn pada panel generator

·            Perlengkapan
-      Exhaust muffler Critical type with counter flange
-      Battery dan charger–nya
-      Droop Kit
·            Jumlah Unit  :  1 (satu)

1.5.1.2.        Alternator

·            Design                  :    Brushless, 4 pole, drip proof revolving field
·            Stator                   :    2/3 pitch
·            Rotor                    :    direct coupled by flexible disc
·            Standard Temp. Rise    :   125ºC standby
·            Exciter Type          :    Permanent Magnet Generator
·            Altenator Cooling    :    Direct Drive Centrifugal blower fan.
·            AC Waveform THD  :    No load < 1.5%. Non distorting balanced linear load <5%.
·            Output kontinyu      :    Minimum 25% - 30% Load
·            Tegangan              :    380 – 415 V
·            Frekuensi              :    50 Hz
·            Power Factor         :    0,8
·            Connection            :    Star dan Netral Grounded – 4 terminal
·            Protection              :    IP 21
·            Insulation              :    Class H
·            Overload capacity   :    10% selama 1 jam dalam setiap 12 jam kerja
·            Voltage regulation   :    +/- 0,5% rated solid state type with rotating silicon Controlled  rectifier (brush–less), three phase  sensing

1.6.                Sistem Gas Buang

4.6.1.               Pipa pembuangan gas buang adalah jenis pipa baja hitam kelas medium berdiameter yang cukup untuk tidak mengakibatkan terjadinya back pressure yang akan mempengaruhi terjadinya pengurangan kapasitas mesin pada pemasangan seperti ditunjukkan dalam Gambar Rencana.

4.6.2.               Pipa pembuangan gas buang harus diisolasi untuk menahan radiasi panas yang mungkin timbul dengan Rockwool berbentuk Preform (setengah pipa) setebal tidak kurang dari 50 mm dan kepadatan tidak kurang dari 60 kg/m³ dan dilapis lagi dengan alumunium Jacketing tahan temperature sampai dengan 1000°C.

4.6.3.               Isolasi tersebut harus dipasang mulai dari pipa flexible penghubung mesin dengan peredam suara sampai 50 cm dari ujung pipa gas buang.

4.6.4.               Hubungan pipa gas buang antara mesin dan peredam suara (Silincer), harus dilengkapi dengan penghubung flexible seperti yang telah direncanakan oleh pabrik pembuatnya. Penghubung flexible ini tidak perlu diisolasi.

4.6.5.               Peredam suara (Silincer) yang digunakan hendaknya tidak menimbulkan kebisingan sehingga mengganggu operasi bangunan dan disyaratkan tidak melebihi batas 65 dB diukur pada jarak 3 meter dari ujung pipa gas buang pada kondisi beban mesin nominal.

1.7.                Sistem Pendingin

4.7.1.               Kontraktor wajib menyediakan cerobong udara bebas pendingin mesin dengan bahan plat baja galvanis kelas BJLS 100, berbentuk sama seperti yang ditunjukkan dalam Gambar Rencana lengkap dengan penghubung flexible dan pengarah aliran udara serta diisolasi sesuai dengan ketentuan ini.

4.7.2.               Ujung cerobong saluran udara ini harus dilengkapi dengan wiremesh sebagaimana tertera di Gambar Rencana.

1.8.                Sistem Peredam Suara

4.8.1.               Lubang ventilasi (Intake air maupun Exhaust air) harus dilengkapi dengan sound attenuator sehingga kebisingan di sisi-sisi tersebut tidak lebih dari 60 dB, 3 meter dari jarak dinding perimeter.

4.8.2.               Kontraktor diwajibkan membuat perhitungan kembali system peredaman suara ini untuk menentukan ukuran sound attenuator berdasarkan noise level yang telah ditentukan tersebut di atas.

4.8.3.               Untuk kelengkapan system peredaman suara ini maka pintu-pintu ruang Genset haruslah memiliki Transmission loss (TL) 40 dB.

1.9.                Sistem Ventilasi Ruang

4.9.1.               Sistem ventilasi ruangan (Intake air dan Exhaust air) harus sedemikian rupa sehingga dalam keadaan semua mesin beroperasi maka rata-rata temperature keliling tidak melebihi 40°C atau batas temperature yang akan mengganggu operasi mesin.

4.9.2.               Sistem ventilasi ruangan mengandalkan Intake air louver yang akan memasukkan udara ke dalam ruangan Genset.

4.9.3.               Sistem exhaust ventilasi Ruang Genset untuk sirkulasi udara di dalam ruangan pada kondisi Genset stand by dan system exhaust ventilasi tidak beroperasi saat generator operasi.

1.10.            Referensi Produk

4.10.1.            Peralatan, bahan dan material yang digunakan harus memenuhi spesifikasi. Kontraktor dimungkinkan untuk mengajukan alternative lain yang setaraf dan Kontraktor baru dapat menggantinya bila sudah ada persetujuan resmi dan tertulis dari Konsultan Manajemen Konstruksi.

4.10.2.            Referensi produk yang dapat dipakai adalah sebagai berikut :


No.
Uraian
Spesifikasi Terknis
Merk/Produk
1
Diesel Generator
Kapasitas  :80 KVA Prime Power
-   Mitsubishi
-   MTU
-   JK Power
-   Perkins



Type         : Silent



Putaran     : 1500 rpm



Pendingin : Radiator





2
Alternator 
Out put           : 80 KVA Prime Power
Stamford,  AVK, Marathon, Marelli,


Tegangan       : 380 ~ 415 V



Frekwenai       : 50 Hz



Power Factor   : 0,8





3
Komponen Panel
MCCB Adjustable Rating
Schneider, ABB, Hager, Siemens


MCB : beban untuk motor induktif jenis Curva D, type H





4
Kabel-kabel

Kabelindo, Supreme, Kabel Metal, Tranka




5
Sound attennuator

Duta Teknik, Vanco, Kruger , setara






0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *