Monday 26 March 2018

Konstruksi Rel Kereta Api

Transpotasi Kereta Api

nPerkeretaapian sebagai salah satu moda transportasi diselenggarakan dengan tujuan untuk memperlancar perpindahan orang dan/atau barang secara masal, menunjang pemerataan, pertumbuhan dan stabilitas serta sebagai pendorong dan penggerak pembangunan nasional

nKARAKTERISTIK UMUM PERKERETAAPIAN

nHighly capital intensive (investasi tinggi & jangka panjangtingkat pengembalian rendah)

nFixed cost tinggi (± 80 %)

nVariable cost relative rendah (± 20 %)

nKeunggulan Angkutan Kereta Api :
1.Tingkat Aksebilitas

nModa angkutan untuk pelayanan jarak jauhmenegah dan pendek

nKetepatan perjalanan yang relatif lebih baik karena mempunyai jalur 

sendiri

nKecepatan yang bervariasi

nPelayanan aktivitas khusus

2.Tingkat Operasional

nTingkat keandalan keselamatan perjalanan

nPemakaian energi yang relatif kecil

nAngkutan Masal

3.Efek Lingkungan

nKelemahan : memerlukan infrastruktur khususberinvestasi tinggi dan pelayan
anterbatas pada daerah yang dilalui jalurnya.


Environmental Impact caused Transportation Emission

Perkembangan Perkeretapian

nJalan rel mulai dirintis pada awal abad ke 16 sebagai salah satu upaya perbaikan jalan kendaraan dan peningkatan daya angkut untuk transportasi pertambangan batu-bara di Inggris

nDalam tahun 1798, William Jessop, pandai besi di Derby (Inggris) merancang pengantar jalannya roda pada roda itu sendiri, yaitu suatu roda yang lebih besar dari konsentris roda (flens).  Mula-mula flens-nya diletakkan di sebelah luar rel, selanjutnya diubahnya dengan menempatkan flens di sebelah dalam rel.

nProfil rel berbentuk T terbalik pertama kali dirancang oleh Robert L. Stevens, seorang insinyur kepala pada Camden dan Amboy RailroadPada tahun 1855, untuk pertama kalinya digunakan rel-rel baja proses Bessemer.

nTemuan mesin uap oleh Denis Papin (1698), dikembangkan oleh N.J. Cugnot (1769) dan James Watt.  Dalam tahun 1802, Richard Trevithick, insinyur pertambangan Inggris, membuat mesin uap bertenaga tinggi Selanjutnya 1804, ia membangun lokomotif pertama yang mampu menarik 5 buah gerbong bermuatan 10 ton besi dan 70 orang dengan kecepatan sekitar 8 km/jam.

nKereta api penumpang pertama kali di Inggris pada tahun 1825.  Temuan teknologi kopling otomatis pada tahun 1887 menggantikan sistem kopling lama pada lokomotif uapSeterusnya digunakan teknologi air-brake dari hasil temuan dan paten  George Westinghouse pada tahun 1868-1869.




0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *