SISTEM
TRANSPORTASI
KERETA API
•SEJARAH
TRANSPORTASI KERETA API.
•TUJUAN
DI BANGUNNYA REL KERETA API.
•DEMAND/PENUMPANG
KERETA API
•PRASANA
KERETA API
1. SEJARAH
KERETA API
•Sebelum tahun 1800
alat angkut yang
dipergunakan antara lain
adalah tenaga manusia, hewan dan sumber tenaga dari alam seperti angin. Pada masa itu barang-barang yang
dapat diangkut
rata-rata dalam jumlah yang
kecil dan waktu yang
ditempuh relatif
lama.
•setelah antara tahun 1800
hingga tahun 1860
transportasi telah mulai berkembang dengan baik karena telah mulai dimanfaatkannya sumber tenaga mekanik seperti kapal uap dan kereta api,
yang dimana mulai banyak dipergunakan dalam dunia perdagangan dan dunai tranportasi.
•antara tahun 1860 sampai dengan tahun 1920 mulai diketemukannya alat tranportasi lainnya seperti kendaraan bermotor dan pesawat terbang meskipun dengan banyak keterbatasan dari teknologi yang
ada pada saat itu, namun pada masa itu pula
angkutan kereta api dan jalan raya memegang peranan penting dalam pengangkutan secara masal antar daerah pada suatu wilayah.
•Kemudian tanggal 18 Februari 1870,
NISM membangun jalur umum Semarang-Solo-Yogyakarta. Dan tanggal 10 April 1869
pemerintah Hindia Belanda mendirikan Staats Spoorwegen atau lebih dikenal dengan
nama singkatan (SS) yang membangun jalur
lintasan Batavia-Bogor.
•Kemudian tanggal 16 Mei April 1878,
perusahaan negara luar ini membuka jalur Surabaya-Pasuruan-Malang, dan 20 Juli
1879 membuka jalur Bangil-Malang. Pembangunan terus berjalan hingga ke
kota-kota besar seluruh Jawa terhubung oleh jalur kereta api.
•Di luar Jawa, 12 Nopember 1876, Staats
Spoorwegen juga membangun jalur
Ulele-Kutaraja(Aceh).
• Selanjutnya lintasan
PaluAer-Padang (Sumatera Barat) pada Juli 1891, lintasan Telukbetung-Prabumulih
(Sumatera Selatan) tahun 1912, dan 1Juli 1923 membangun jalur Makasar-Takalar
(Sulawesi).
• Di Sumatera Utara, NV. Deli
Spoorweg Mij juga membangun lintasan Labuan-Medan pada 25 Juli 1886. Pada masa
pemerintahan Hindia Belanda, selain Staats Spoorwegen milik pemerintah, sudah
ada 11 perusahaan kereta api swasta di Jawa dan satu perusahaan swasta di
Sumatera.
2. TUJUAN
DI BANGUNNYA REL KERETA API
•Kereta Api merupakan moda
transportasi dengan multi keunggulan komparatif:
–
hemat lahan & energi,
–rendah
polusi,
–
besifat massal,
–adaptif
dengan perubahan teknologi, yang memasuki era kompetisi, potensinya diharapkan
dapat dimobilisasi dalam skala nasional, sehingga mampu menciptakan keunggulan
kompetitif terhadap produksi dan jasa domestik dipasar global.
•Dengan tugas pokok dan fungsi
memobilisasi arus penumpang dan barang diatas jalur rel kereta api, maka ikut
berperan menunjang pertumbuhan ekonomi nasional.
3. DEMAND/PENUMPANG
KERETA API
4. PRASARANA KERETA API
Definisi
Jalur dan stasiun kereta api termasuk fasilitas yang diperlukan agar sarana kereta api dapat dioperasionalkan (UU No.13/1992 Bab 1 Pasal 1 ayat 7).
Prasarana Kereta Api
- Jalur dan Jalan Rel
- Bangunan Stasiun
- Jembatan
- Sinyal dan Telekomunikasi.
Peta Jaringan KA di Jawa
Peta Jaringan KA di Sumatra
0 comments:
Post a Comment