Thursday 16 August 2018

Data yang Diperlukan dalam Pekerjaan Perencanaan Embung


Jenis Data
Uraian
Data Fisik
Sumberdaya Lahan
§  Klasifikasi Kesesuaian lahan
Hidrometereologi
§  Data hujan
§  Air permukaan
§  Air bawah permukaan
§  Klimatologi
Geografi fisik
§  Peta Administrasi, tataguna lahan, dan infrastruktur
Lingkungan
§  Flora
§  Fauna
§  Daerah sensitif
§  Polusi tanah, air dan udara
Data Sosial Ekonomi
Kelembagaan
§  Struktur organisasi pemerintahan
§  Struktur organisasi masyarakat
§  Persepsi masyarakat
§  Pola tindakan masyarakat
Kependudukan
§  Jumlah penduduk, saat ini dan yang akan datang
§  Karakteristik penduduk
§  Penyebaran penduduk
Sosial
§  Sejarah
§  Sosiologis
§  Antropologis
Ekonomi
§  Pasar, saat ini dan potensinya
§  Aktifitas ekonomi
§  Kendala
§  Pendapatan (distribusi dan tenaga kerja)


a)    Data Kondisi Fisik
Data fisik dimaksudkan untuk menampilkan potensi sumberdaya alam  yang ada pada wilayah studi. Beberapa data fisik yang akan meliputi data sumberdaya lahan, geografi fisik, hidrometerologi, dan lingkungan (ekologi).
(1)  Data sumberdaya lahan
      Data sumberdaya lahan sangat penting untuk pengembangan wilayah baik untuk irigasi maupun sektor lainnya. Dari data ini dapat diketahui kesesuaian lahan untuk berbagai peruntukan. Data sumberdaya lahan yang dikumpulkan berupa peta klasifikasi lahan dan kesesuainnya untuk berbagai peruntukan. Data ini sangat penting untuk memberi gambaran rencana atau komoditas yang sesuai untuk dikembangkan pada daerah aliran sungai bersangkutan.
(2)  Data geografi fisik
      Data geografi fisik terkait dengan berbagai bentuk peta yang menggambarkan bentang alam dan infrastruktur yang ada. Data ini sangat penting dalam rangka memberi intepretasi fisik, topografi, wilayah sungai, batas administrasi, spasial, daerah perdesaan, perkotaan, dan tata guna lahan.
(3)  Data hidrologi
      Data hidrologi berkait dengan potensi hidrologis pada daerah aliran sungai setempat. Data hidrologi dapat berupa data hujan, penguapan, aliran permukaan, dan aliran air tanah. Data ini bermanfaat untuk memberi informasi potensi hidrometereologis daerah yang akan dikembangkan serta menunjang analisis hidrologi. Informasi tersebut sangat dibutuhkan bagi perencanaan sempadan sungai.
(4)  Data lingkungan
      Data lingkungan (ekologi) berkait dengan kondisi lingkungan dan hubungan antara organisme/makhluk hidup dengan lingkungannya. Data ini dapat berupa inventarisasi flora dan fauna yang ada di wilayah tersebut. Data lingkungan juga dapat digunakan sebagai kondisi batas berkaitan suatu rencana kegiatan.

b)    Data Sosial Ekonomi Budaya
Data sosial ekonomi meliputi kelembagaan, demografi, sosial, ekonomi, dan budaya. Berikut ini disampaikan uraian beberapa jenis data sosial ekonomi yang hendak dikumpulkan.
(1)  Data kelembagaan
      Data kelembagaan diperlukan untuk mengetahui berbagai institusi atau organisasi dalam pengelolaan DAS yang dapat diterima oleh masyarakat. Data kelembagaan yang dikumpulkan meliputi 4 (empat) jenis, yaitu (1) struktur masyarakat dan interaksi antar masyarakat yang ada, (2) komposisi kepemimpinan masyarakat, (3) persepsi masyarakat terhadap permasalahan yang dihadapi, dan (4) pola tindakan masyarakat. Data ini dikumpulkan secara langsung di lapangan dengan cara responden/wawancara.
(2)  Data kependudukan
      Data kependudukan yang dimaksud dalam studi ini adalah data jumlah penduduk, kepadatan dan tingkat pertumbuhannya. Data ini digunakan untuk melakukan estimasi dan prediksi jumlah penduduk pada waktu yang akan datang. Data kependudukan diperoleh dari Kantor Statistik.
(3)  Data sosial, budaya dan ekonomi
      Data sosial, budaya dan ekonomi dimaksudkan untuk memahami karakteristika lokal dari suatu wilayah yang masing-masing mempunyai ciri spesifik. Data sosial budaya dimaksudkan untuk menganalisis kondisi-kondisi antropologis dan sosiologis dari daerah yang diteliti. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, karena masing-masing wilayah mempunyai karakteristika yang spesifik menyangkut aspek sosial, ekonomi dan budaya.

0 comments:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *